A.
I. Perbedaan (a) kamus, (b) buku
pelajaran, (c) novel, dan (d) komik dilihat dari: (1) tujuan, (2)
sasarannya, (3) isi, (4) sistematika,
(5) bahasa, dan (6) ilustrasinya.
Jawab :
No
|
Jenis
Buku
|
Identitas
Buku
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Isi
|
Sistematika
|
Bahasa
|
Ilustrasi
|
1.
|
Kamus
|
· Nama
Buku :
Inggris – Indonesia
Indonesia – Inggris
· Tahun
Terbit : 2010
· Pengarang
:
Nicole William, Budi Djatmiko
· Penerbit
:
Pustaka Widyatama
· Cetakan
ke : dua
|
Menggambarkan
pengertian atau arti dari kata-kata
|
Untuk semua kalangan
|
Menjelaskan arti dari
suku kata dari kata Indonesia ke Inggris, dari Inggris ke Indonesia
|
Mengurutkan kata-kata
dari awal alfabet A sampai Z
|
Baku
|
Menjelaskan
pengertian atau arti dari kata asing ke Indonesia atau Indonesia ke bahasa
Inggris
|
2.
|
Buku Pelajaran
|
· Nama
Buku :
Sains untuk Sekolah Dasar kelas VI
· Tahun
Terbit : 2002
· Pengarang
:
Haryanto
· Penerbit
: Erlangga
· Cetakan
ke : pertama
|
Menggambarkan tentang
ilmu sains yang diajarkan dikalangan siswa
|
Untuk siswa kelas VI
Sekolah Dasar
|
Menjelaskan ilmu
sains yang diajarkan kepada siswa kelas VI Sekolah Dasar
|
Menjelaskan dari
ciri-ciri makhluk hidup sampai makhluk hidup dan alam semesta
|
Baku
|
Menjelaskan tentang
ciri-ciri khusus makhluk hidup, perkembangbiakan makhluk hidup, keseimbangan
ekosistem, pelestarian makhluk hidup, konduktor dan isolator panas, perubahan
pada benda, energi dan perubahannya, hemat energi, bumi dan alam semesta.
|
3.
|
Novel
|
· Nama
Buku :
Menggapai Matahari
· Tahun
Terbit : 2010
· Pengarang
:
Adnan Katino
· Penerbit
:
PT. Gramedia Pustaka Utama
· Cetakan
ke : pertama
|
Menggambarkan
bagaimana orang yang berusaha untuk merubah kehidupannya menjadi lebih baik
dan mencapai cita-cita yang diinginkannya
|
Untuk generasi muda
yang memiliki peranan penting dalam meraih kesuksesan
|
Anak rimba yang
dimabuk semangat menggebu-gebu untuk menuntut ilmu agama, tanpa peduli kalau
dia digelung kemiskinan, dia keluar dari tengah rimba untuk nyantri di
pesantren sederhana di Sumatra dan akhirnya berlabuh di Jawa. Sebuah hikayat
perjalanan yang alami, sederhana, nakal, sarat perjuangan tapi berakhir
dengan anak rimba menjadi pemenang
|
Menceritakan dari
kemiskinan yang dialami oleh pelaku sampai dia mencapai keberhasilan dan
kesuksesan dalam hidup yaitu tercapai cita-cita yang selama ini dia impikan
atau inginkan
|
Baku dan tidak baku
|
Berbekal tekad dan
harapan meraih cita-cita menjadi sarjana pertama dalam keluarganya. Adnan pun
hijrah meninggalkan kampung halaman. Dari pedalaman Sumatra Utara ia
berkelana ke berbagai tempat. Menuntut ilmu dari satu pesantren ke pesantren
yang lainnya. Berkutat dengan pekerjaan kuli demi memenuhi kebutuhan hidup.
Karena ia percaya kesuksesan bukanlah ladang asing yang tak terjangkau,
terlahir di keluarga miskin ilmu dan harta tidak lantas menjadikan Adnan
berpangku tangan menerima takdir kemiskinan. Ia sepenuhnya yakin nasib
seseorang tidak akan berubah jika bukan dia sendiri yang mengusahakannya
|
4.
|
Komik
|
· Nama
Buku :
Sunset On Third Street
· Tahun
Terbit : 2008
· Pengarang
:
Saigan Ryohei
· Penerbit
:
PT. Gramedia
· Cetakan
ke : pertama
|
Menggambar keluarga
kecil yang hidup penuh dengan cerita dan memiliki keinginan untuk bisa hidup
senang dan tinggal di lingkungan masyarakat menengah ke bawah
|
Untuk kalangan remaja
|
Horifumi Suzuki dan
istrinya, tomoe tinggal di blok tiga di kota yuuhi bersama anak mereka yang
masih SD, ippei bertahun-tahun mengumpulkan uang, akhirnya mereka bisa
membangun sebuah bengkel kecil
|
Menceritakan dari
keluarga yang tidak memiliki rumah sampai mereka memiliki rumah dan tempat
usaha sebagai pemasukan buat keuangan keluarga tersebut
|
Tidak Baku
|
Menceritakan tentang
salah satu kehidupan suatu keluarga yang dimana masing-masing anggota
keluarganya memiliki cerita jalan hidup masing-masing dalam mencapai
kesenangan dan kebahagiaan dalam hidup
|
II. Kesimpulan
Setelah mengidentifikasi buku pelajaran,
kamus, novel, dan komik maka dapat diambil kesimpulan yaitu semua jenis buku
tersebut tercantum tahun terbit, nama pengarang, penerbit, dan cetakan ke-.
Jika dilihat berdasarkan tujuan, sasaran, isi, sistematika, dan ilustrasi
setiap jenis buku tersebut berbeda. Tetapi, jika dilihat berdasarkan bahasanya,
kamus dan buku pelajaran bahasanya baku, novel bahasanya ada yang baku dan ada
pula yang tidak baku, dan komik bahasanya tidak baku.
B.
Perbedaan
buku konvensional dan modul belajar mandiri
Jawab :
No.
|
Buku Konvensional
|
Modul Belajar Mandiri
|
1
|
Merupakan
sumber informasi yang disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu
tertentu.
|
Merupakan
alat atau sarana pembelajaran yang berisikan materi, metode, batasan-batasan,
dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk
mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya.
|
2
|
Sebagai
bacaan wajib / pendukung guna membantu penyajian guru
|
Sebagai
bahan pembelajaran mandiri siswa
|
3
|
Untuk
pembaca (guru, dosen) dan dirancang untuk dipasarkan secara luas
|
Dirancang
& ditulis untuk siswa
|
4
|
Disusun
secara linear dan strukturnya berdasar logika bidang ilmu
|
Disusun
berdasarkan pola belajar yang fleksibel, Struktur berdasarkan kebutuhan siswa
& kompetensi akhir yang hendak dicapai
|
5
|
Belum
tentu memberikan latihan
|
Merangsang
siswa berlatih
|
6
|
Belum
tentu memberi rangkuman
|
Memberi
rangkuman
|
7
|
Gaya
penulisan naratif tapi tidak komunikatif dan terlampau padat
|
Gaya
penulisan komunikatif padat & proses instruksional
|
8
|
Tidak
memiliki mekanisme untuk melakukan umpan balik
|
Ada
umpan balik
|
9
|
Belum
tentu menjelaskan tujuan instruksional
|
Menjelaskan
tujuan instruksional
|
10
|
Mengasumsikan
minat dari pembaca
|
Menimbulkan
minat baca
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar