A.
Pengertian Kurikulum
Kurikulum adalah program
pembelajaran yang direncanakan oleh lembaga pendidikan secara sistematik untuk
mencapai kelancaran dalam proses pembelajaran agar tercapai tujuan pendidikan.
Beberapa
pengertian kurikulum ditinjau dari beberapa sudut pandang :
1.
Pengertian Kurikulum Secara Etimologis
Webster’s Third
New International Dictionary menyebutkan kurikulum berasal dari kata curere dalam bahasa latin Currerre yang berarti :
a.
Berlari cepat
b.
Tergesa-gesa
c.
Menjalani
Currerre
dikatabendakan menjadi Curriculum
yang berarti :
a.
Lari cepat, pacuan, balapan berkereta, berkuda, berkaki
b.
Perjalanan, suatu pengalaman tanda berhenti
c.
Lapangan perlombaan, gelanggang, jalan
2.
Pengertian Kurikulum Secara Tradisional
Kurikulum dipandang sebagai rencana
pelajaran di suatu sekolah yang mencakup pelajaran-pelajaran dan materi apa
yang harus ditempuh di sekolah. Misalnya, penyusunan kurikulum SD yang isinya
sejumlah mata pelajaran yang diberikan pada kelas I s.d. kelas VI.
3.
Pengertian Kurikulum Secara Modern
Kurikulum ditinjau dari pandangan
modern merupakan suatu usaha terencana dan terorganisir untuk menciptakan suatu
pengalaman belajar pada siswa dibawah tanggung jawab sekolah atau lembaga
pendidikan untuk mencapai suatu tujuan.
4.
Pengertian Kurikulum Dari Berbagai Ahli
·
Menurut George A. Beaucham (1976 hal 58-59),
kurikulum sebagai bidang studi membentuk suatu teori yaitu teori kurikulum.
Selain sebagai bidang studi kurikulum juga sebagai rencana pengajaran dan
sebagai suatu sistem (sistem kurikulum) yang merupakan bagian dari sistem
persekolahan.
·
Menurut Harsono (2005), kurikulum merupakan
gagasan pendidikan yang diekpresikan dalam praktik. Dalam bahasa latin,
kurikulum berarti track atau jalur pacu. Saat ini
definisi kurikulum semakin berkembang, sehingga yang dimaksud kurikulum tidak
hanya gagasan pendidikan tetapi juga termasuk seluruh program pembelajaran yang
terencana dari suatu institusi pendidikan.
·
Kurikulum ialah suatu
program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar
yang diprogramkan, direncanakan, dan dirancang secara sistematik atas dasar
norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi
tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. (Prof. Drs. H. Darkir)
B.
Pengertian Sistem
Kata sistem sendiri berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang
terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi,
materi atau energi.
Beberapa pandangan ahli
mengenai Sistem :
·
Menurut Ludwig Von Bartalanfy, “Sistem
merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi
diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.”
·
Menurut Anatol Raporot, “Sistem adalah suatu
kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.”
·
Menurut L. Ackof, “Sistem adalah setiap
kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam
keadaan saling tergantung satu sama lainnya”.
Jadi, sistem
adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi
dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.
C.
Kurikulum Sebagai
Suatu Sistem
Dari tiga
pendapat di atas tentang pengertian system ada satu makna yang bisa di ambil,
yaitu komponen yang mempunyai fungsi masing-masing. Seperti yang kita tahu,
kurikulum mempunyai komponen-komponen yang mempunyai tujuan utama atau tujuan
dari kurikulum tersebut. Karena komponen-komponen tersebut saling berkaitan dan
menunjang untuk mencapai tujuan dari kurikulum maka di sebutlah kurikulum
sebagai suatu system.
Beberapa ahli mengemukakan
tentang komponen-komponen yang ada di dalam kurikulum, yakni :
1.
Herrick (1950 dalam
Taba, 1962:425), mengemukakan 4 elemen kurikulum, yakni Tujuan, Mata pelajaran,
Metode dan Organisasi, dan evaluasi.
2.
Zais (1976:295)
mengatakan empat komponen dasar kurikulum, antara lain (1) aims, goals, and
objective, (2) content, (3) Learning activities, (4) evaluations.
3.
Nana Sy. Sukmadinata
(1988:110) mengemukakan empat komponen kurikulum, yaitu tujuan, isi atau
materi, proses atau system penyampaian, serta evaluasi
Beberapa makna landasan kurikulum
dalam buku ajar Teori Belajar dan Pembelajaran, sebagai berikut :
1.
Landasan adalah
sebuah pondasi yang di atas di bangun sebuah bangunan.
2.
Landasan adalah
pikiran-pikiran abstrak yang dijadikan titik tolak atau titik berangkat bagi
pelaksanaan suatu kegiatan.
3.
Landasan adalah
pandangan –pandangan abstrak yang telah teruji , yang yang dipergunakan sebagai
titik tolak dalam menyusun konsep, pelaksanaan konsep dan evaluasi konsep.
Menurut Hornby, landasan adalah suatu gagasan
atau kepercayaan yang menjadi sandaran, sesuatu prinsip yang mendasari,
contohnya seperti landasan kepercayaan agama, dasar atau titik tolak.
Jadi, landasan
pengembangan kurikulum dapat diartikan sebagai suatu gagasan, suatu asumsi,
atau prinsip yang menjadi sandaran atau titik tolak dalam mengembangkan kurikulum.
Landasan pengembangan
kurikulum memiliki peranan yang sangat penting, sehingga apabila kurikulum
diibaratkan sebagai sebuah bangunan gedung yang tidak menggunakan landasan atau
fundasi yang kuat, maka ketika diterpa angin atau terjadi goncangan, bangunan
gedung tersebut akan mudah rubuh dan rusak. Demikian pula halnya dengan
kurikulum, apabila tidak memiliki dasar pijakan yang kuat, maka kurikulum
tersebut akan mudah terombang-ambing dan yang akan dipertaruhkan adalah manusia
(peserta didik) yang dihasilkan oleh pendidikan itu sendiri.
D.
Kesimpulan
Kurikulum
adalah sejumlah rencana isi yang merupakan sejumlah tahapan belajar yang di
desain untuk siswa dengan petunjuk institusi pendidikan yang berupa proses yang
statis ataupun dinamis dan kompetensi yang harus dimiliki. Kurikulum adalah
seluruh pengalaman di bawah bimbingan dan arahan dari institusi pendidikan yang
membawa ke dalam kondisi belajar.
Kurikulum
mempunyai komponen-komponen yang mempunyai tujuan utama atau tujuan dari
kurikulum tersebut. Karena komponen-komponen tersebut saling berkaitan dan
menunjang untuk mencapai tujuan dari kurikulum maka di sebutlah kurikulum
sebagai suatu sistem.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar