1.
Pengertian
RPP
Menurut
Narasumber, RPP adalah sebuah
perangkat pembelajaran yang mendukung seorang guru dalam kegiatan belajar
mengajar di kelas.
2.
Fungsi RPP
Fungsi RPP adalah untuk mencapai satu KD
(Kompetensi Dasar)
3.
Komponen-komponen
yang ada di RPP
I.
Standar
Kompetensi
SK adalah ukuran
kemampuan minimal yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus
dicapai oleh peserta didik pada setiap materi yang diajarkan.
Fungsi SK : sebagai
kerangka acuan untuk menunjukkan bagaimana kemampuan peserta didik mencapai setiap
materi yang diajarkan dan untuk menilai kompetensi peserta didik.
Adapun langkah-langkah
mengurutkan SK :
·
Menganalisis SK menjadi beberapa KD
·
Mengurutkan KD secara berurutan
II.
Kompetensi
Dasar
KD adalah penjabaran
dari standar kompetensi yang cakupan materinya lebih sempit.
Fungsi KD : untuk mengingatkan para guru seberapa
jauh target kompetensi yang harus dicapainya.
Langkah-langkah
penyusunan Kompetensi Dasar :
·
Menjabarkan Kompetensi Dasar yang
dimaksud.
·
Tulislah rumusan Kompetensi Dasarnya.
·
Mengkaji KD tersebut untuk
mengidentifikasi indikatornya dan rumuskan indikatornya yang dianggap relevan
tanpa memikirkan urutannya lebih dahulu juga tentukan indikator-indikator yang
relevan dan tuliskan sesuai urutannya.
·
Kajilah apakah semua indikator tersebut
telah mempresentasikan KD nya, apabila belum lakukanlah analisis lanjut untuk
menemukan indikator-indikator lain yang kemungkinan belum teridentifikasi.
·
Tambahkan indikator lain sebelum dan
sesudah indikator yang teridentifikasi sebelumnya dan ubahlah rumusan yang
kurang tepat dengan lebih akurat dan pertimbangkan urutannya
III.
Indikator
Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang
mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Fungsi Indikator :
·
Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran.
·
Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran.
·
Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar.
·
Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil
belajar.
Merumuskan Indikator :
1)
Setiap KD dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi tiga indikator
2)
Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang
dalam kata kerja yang digunakan dalam SK dan KD. Indikator harus mencapai
tingkat kompetensi minimal KD dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi
minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan peserta didik.
3)
Indikator yang dikembangkan harus menggambarkan hirarki
kompetensi.
4)
Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua aspek, yaitu
tingkat kompetensi dan materi pembelajaran.
5)
Indikator harus dapat mengakomodir karakteristik mata pelajaran
sehingga menggunakan kata kerja operasional yang sesuai.
6)
Rumusan indikator dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator
penilaian yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan/atau psikomotorik.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan pembelajaran
adalah tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran, tujuan dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau
deskripsi yang spesifik.
Manfaat dari Tujuan
Pembelajaran :
·
Memudahkan dalam mengkomunikasikan
maksud kegiatan belajar mengajar kepada siswa
·
Memudahkan guru memilih dan menyusun
bahan ajar
·
Memudahkan guru menentukan kegiatan
belajar dan media pembelajaran
·
Memudahkan guru mengadakan penilaian.
V.
Materi
Ajar
Materi ajar adalah bentuk materi yang digunakan untuk membantu guru
dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
VI.
Metode
Pembelajaran
Metode pembelajaran adalah cara-cara yang berbeda untuk
mencapai hasil belajar yang berbeda dalam kondisi yang berbeda berdasarkan
kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan. Contohnya : ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan lain-lain
VII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Langkah-langkah
pembelajaran adalah tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.
Fungsinya : untuk
membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diberikan.
Langkah-langkah
pembelajaran meliputi 3 unsur kegiatan :
1)
Kegiatan Awal
a.
Orientasi : memusat perhatian siswa
terhadap materi yang akan dibelajarkan. Contohnya menunjukkan benda yang
menarik, memberikan illustrasi, membaca berita di surat kabar dan sebagainya.
b.
Apersepsi : memberikan persepsi awal
kepada siswa tentang materi yang akan diajarkan.
c.
Motivasi : Guru memberikan gambaran
manfaat mempelajari mata pelajaran yang akan di sampaikan.
d.
Pemberian Acuan : biasanya berkaitan
dengan kajian ilmu yang akan dipelajari. Contohnya berupa penjelasan materi
pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar.
e.
Pembagian kelompok belajar dan penjelasan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah
pembelajaran).
2)
Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan
proses pemberian pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang hendak
dicapai.
Fungsinya : agar siswa dapat menunjukkan perubahan perilaku
sebagaimana dituangkan pada tujuan pembelajaran dan indikator.
3)
Kegiatan Akhir
Kegiatan akhir
pembelajaran tidak hanya sekedar mengakhiri pelajaran dengan salam, tetapi di
sini menekanan terhadap apa yang telah diperoleh siswa selama mengikuti
pembelajaran.
Fungsinya : mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/simpulan.
VIII.
Sumber
/ Alat Belajar
Buku paket, modul (halaman berapa), dan
lain-lain.
IX.
Penilaian
Penilaian: bisa tes lisan, tertulis, kinerja saat praktikum, hasil
karya (portofolio).
4.
Pengertian
Silabus
Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu
yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.
5.
Fungsi
Silabus
Sebagai acuan guru untuk merencanakan dan
melaksanakan program pelajaran
6.
Komponen-komponen
yang ada di Silabus
I.
Kompetensi
Dasar
KD adalah penjabaran
dari standar kompetensi yang cakupan materinya lebih sempit.
Fungsi KD : untuk mengingatkan para guru seberapa
jauh target kompetensi yang harus dicapainya.
Langkah-langkah
penyusunan Kompetensi Dasar :
·
Menjabarkan Kompetensi Dasar yang
dimaksud.
·
Tulislah rumusan Kompetensi Dasarnya.
·
Mengkaji KD tersebut untuk
mengidentifikasi indikatornya dan rumuskan indikatornya yang dianggap relevan
tanpa memikirkan urutannya lebih dahulu juga tentukan indikator-indikator yang
relevan dan tuliskan sesuai urutannya.
·
Kajilah apakah semua indikator tersebut
telah mempresentasikan KD nya, apabila belum lakukanlah analisis lanjut untuk
menemukan indikator-indikator lain yang kemungkinan belum teridentifikasi.
·
Tambahkan indikator lain sebelum dan
sesudah indikator yang teridentifikasi sebelumnya dan ubahlah rumusan yang
kurang tepat dengan lebih akurat dan pertimbangkan urutannya
II.
Materi
Pokok
Materi ajar adalah bentuk materi yang digunakan untuk membantu guru
dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
III.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran adalah aktivitas yang dilakukan oleh siswa bersama guru di kelas.
Bisa berupa demonstrasi, tanya jawab, diskusi, game, praktikum, dan lain-lain.
IV.
Indikator
Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.
Fungsi
Indikator :
·
Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran.
·
Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran.
·
Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar.
·
Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil
belajar.
Merumuskan Indikator :
a. Setiap KD dikembangkan
sekurang-kurangnya menjadi tiga indikator
b. Keseluruhan indikator
memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan
dalam SK dan KD. Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan
dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan
kebutuhan peserta didik.
c. Indikator yang
dikembangkan harus menggambarkan hirarki kompetensi.
d. Rumusan indikator
sekurang-kurangnya mencakup dua aspek, yaitu tingkat kompetensi dan materi
pembelajaran.
e. Indikator harus dapat
mengakomodir karakteristik mata pelajaran sehingga menggunakan kata kerja
operasional yang sesuai.
f. Rumusan indikator
dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator penilaian yang mencakup ranah
kognitif, afektif, dan/atau psikomotorik.
V.
Penilaian
Penilaian:
bisa tes lisan, tertulis, kinerja saat praktikum, hasil karya (portofolio).
VI.
Alokasi
Waktu
Alokasi waktu:
waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pembelajaran pada setiap KD.
VII.
Sumber
Belajar
Buku paket, modul (halaman berapa), dan
lain-lain.
7.
Perbedaan
antara RPP dan Silabus
v Dalam
Silabus untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum
berupa penjabaran lebih lanjut dari standart kompetensi dan
kompetensi dasar yang ingin dicapai dan pokok-pokok serta uraian
materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai standar kompetensi dan
kompetensi dasar.
ü Dalam
silabus tidak ada langkah-langkah pembelajaran
ü Silabus
dibuat untuk satu semester.
v RPP
yang menggambarkan prosedur dan managemen pembelajaran untuk mencapai satu atau
lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam
isi silabus.
ü Dalam
RPP terdapat langkah-langkah pembelajaran.
ü RPP
dibuat dalam satu pertemuan / BAB
v Adapun
tujuan dari silabus dan RPP, yakni :
ü Agar
pembelajaran yang dilakukan lebih terstruktur.
ü Yang
dijadikan patokan adalah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
tersebut.
v Dan
yang dijadikan patokannya adalah silabus karena silabus dibuat terlebih dahulu
dari pada RPP.
v Adapun
kelebihan dalam silabus dan RPP, seharusnya silabus dan RPP dibuat dengan baik
dan terperinci. Sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai.
Mata Kuliah : Desain Pembelajaran
Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar